Hakim dan Pegawai PN Lahat Gotong-royong Membersihkan Kantor

on . Posted in Berita

 

umat pagi (11/09/2020), para hakim dan pegawai LAHAT bergotong-royong memberishkan area kantor  PN LAHAT. Kegiatan Jum’at bersih ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan Suasana kantor yang bersih, rapi, dan indah yang tentunya merupakan idaman setiap pegawai.

Diharapkan dengan keadaaan seperti itu berpengaruh terhadap optimalnya kinerja atau output yang dihasilkan. Tidak satupun pegawai yang akan merasa nyaman bekerja dengan keadaan lingkungan yang kotor maupun berantakan. Selain itu, lingkungan yang kotor akan menciptakan lingkungan yang kurang sehat. Semangat bekerjapun tidak maksimal.

Kebersihan adalah sebagian dari iman, seyogyanya ditanamkan dalam pribadi setiap pegawai. Sehingga kesadaran untuk menjaga kebersihan muncul dengan sendirinya. Tidak harus menunggu ‘ahli kebersihan’ datang. Tidak perlu saling mengandalkan antar sesama teman.

adapun manfaat dari kebersihan lingkungan yaitu :

Terhindar dari Penyakit Menular


Dimasa pandemic Covid-19 ini juga kebersihan merupakan faktor yang penting untuk menjaga kebersihan kita, harapannya dampak baik dari kegiatan tersebut dapat menghindarkan warga dan pengunjung peradilan dari wabah covid-19" tutur ketua pengadilan negeri lahat

Dengan melakukan pencegahan-pencegahan seperti memelihara kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan lain sebagianya, kita mampu untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut. Lingkungan yang bersih akan membuat kita hidup aman, nyaman, dan tetram.

Lingkungan Menjadi Lebih Rapi dan Nyaman Untuk di Tempati

Ketika kita memperhatikan dan mengolah kawasan kumuh yang berada disuatu daerah, kita akan merasa tidak nyaman untuk memperhatikannya. Bukan hanya itu, mendekat saja kita merasa enggan. Karena bau yang ditimbulkannya. Seperti itulah penilaian orang terhadap lingkungan yang tidak bersih.

Orang akan memberi penilaian terhadap diri kita jika mereka melihat tampak luar dari diri kita, seperti kawasan yang ditempati. Agar orang atau tamu-tamu kita merasa tidak enggan untuk memasuki kawasan rumah kita, sebaiknya kita menjaga kebersihan lingkungan. Tidak sulit untuk memulainya, hanya dengan membuang sampah pada tempatnya terlebih dahulu. Dengan begitu lingkungan kita akan menjadi lebih rapi dan nyaman untuk dilihat.

Meningkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohani

Kebersihan adalah modal utama kesehatan jasmani dan rohani. Terdapat kutipan dari puisi Satire yang ditulis indah oleh Decimus Iunius Iuvenalis, seorang penyair dan filosofi Romawi yang berbunyi “Mens Sana In Corpore Sano” atau yang berarti, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ia menegaskan bahwa manfaat budaya bersih sebuah bangsa mencerminkan kemajuan berpikir bangsa tersebut.

Sudut pandang bersih yang sederhana berasal dari rumah kita sendiri. Rumah yang bersih akan mendatangkan energi ketenangan dan kekuatan serta kesehatan, baik itu sehat jasmani maupun rohani.