UPACARA MEMPERINGATI HUT KE-76 MAHKAMAH AGUNG

new.png

Berita Pengadilan

Berita Pengadilan

Berisikan Menu Tentang Semua Berita Yang Terjadi Pada Pengadilan Tinggi Palembang Termasuk Juga Kumpulan Galeri Foto Kegiatan atau Kejadian di Pengadilan Tinggi Palembang

Struktur Organisasi

Standar Pelayanan

E-Court

Direktori Putusan

Penelusuran Perkara

Laporan Tahunan

UPACARA MEMPERINGATI HUT KE-76 MAHKAMAH AGUNG

WhatsApp Image 2021-08-19 at 11.40.25 (3).jpegWhatsApp Image 2021-08-19 at 11.40.25.jpeg

Lahat, 19 Agustus 2021 merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Mahkamah Agung. Pengadilan Negeri Lahat Menyelenggarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Mahkamah Agung secara virtual, hal ini dilakukan sesuai dengan prokol kesehatan.

 

WhatsApp Image 2021-08-19 at 11.40.25 (2).jpegWhatsApp Image 2021-08-19 at 11.40.25 (1).jpeg

Ulang tahun Mahkamah Agung kali ini mengambil tema “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan Melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi”.

Adapun hal yang di sorot oleh  Ketua Mahkamah Agung RI Bapak M. Syarifuddin, s.H.,M.H menyampaikan pentingnya aspek kemandirian dalam proses penyelenggaraan peradilan.

Namun kemandirian juga tidak boleh menjadi alat berlindung bagi para oknum aparatur untuk menyalahgunakan jabatannya, sehingga kemandirian juga harus senantiasa diikuti oleh integritas dan profesionalitas yang tinggi agar dalam pelaksanaanya tidak menimbulkan kesewenang-wenangan

 

Ketua MA juga menyampaikan pemanfaatan teknologi sebagai solusi yang tepat dan pilihan terbaik bagi pelayanan di masa pandemi.

"Bagi masyarakat yang menerima layanan, pemanfaatan teknologi akan memberikan kemudahan, kecepatan dan biaya yang lebih murah. Sedangkan bagi aparatur peradilan sendiri, pemanfaatan teknologi dapat membantu meringankan dan mempercepat penyelesaian pekerjaan dengan tingkat ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Selain itu, teknologi juga dapat memutus mata rantai birokrasi yang berpotensi menimbulkan berbagai penyimpangan yang dilakukan oleh oknum aparatur,” bebernya.

Di 2020, Mahkamah Agung menurutnya telah berhasil melakukan elektronisasi bagi semua jenis perkara, dengan terbitnya Perma Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik.